Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

Senin, 03 Agustus 2020

|
Banyak kasus yang terkait dengan pengembangan karakter pancasila.
Kejujuran adalah salah satu karakter bangsa Indonesia yang tercermin dalam pancasila yang termasuk dalam nilai-nilai Kemanusian yang Adil dan Beradab yang tercantum dalam Pancasila. Kejujuran termasuk ke dalam nilai moral.  Orang jujur tak akan pernah merugikan orang lain. Selain itu orang yang jujur pasti menjaga amanah (kepercayaan) dan orang yang amanah pasti memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan menjalankan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh dan orang yang jujur cenderung bersikap adil.

Kasus yang terkait dengan pengembangan karakter pancasila yang berkaitan dengan jujur, adil, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, dan cinta damai ada pada setiap warga Indonesia. 
Tetapi contoh kasus pengembangan karakter pancasila yang dapat dilihat oleh semua orang adalah pejabat atau petinggi dari lembaga pemerintahan.
Saya ambil contoh yang terdekat adalah Ketua RT(Rukun Tetangga). 
Yang pertama, ketua RT harus jujur dan transparansi pada setiap pemasukan, pengeluaran, dan kegiatan lainnya yang menyangkut seluruh masyarakat dalam RT tersebut.
Yang kedua, ketua RT harus adil pada setiap masyarakat yang ada pada RT tersebut tanpa pilih kasih antar sesama warganya.
Yang ketiga, ketua RT harus bertanggung jawab dalam menjalani tugasnya karena dirinya sudah dipercaya oleh masyarakat RT tersebut untuk menjalankan sebagai ketua RT.
Yang keempat, ketua RT harus peduli terhadap lingkungan sekitarnya dan menjaga agar lingkungan dalam RT nya tetap aman, nyaman, tentram, dan cinta damai.


Contoh tentang keputusan yang diambil berdasarkan musyawarah dan mufakat di lingkungan sekitar saya adalah, ketika memilih ketua selanjutnya yang akan menjabat sebagai ketua rukun tetangga (RT) atau menjabat sebagai ketua karang taruna setempat. Untuk memilih kandidat pemimpin selanjutnya perlu diadakannya musyawarah oleh seluruh anggota rt/karang taruna tersebut. Musyawarah dilakukan untuk mencari seseorang yang dapat memenuhi pengembangan karakter pancasila yang berkaitan dengan jujur, adil, disiplin, peduli pada sekitarnya. Yang terpenting, harus bermusyawarah untuk menentukan seseorang pemimpin yang sekiranya dapat bertanggung jawab dan layak untuk dijadikan ketua atau pemimpin.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers